Kreatif permainan sendiri pun
sangat bergantung dengan kualitas sumber daya manusia. Dengan rendahnya
presentase kreatif permainan di Indonesia , saya ingin menaikan kreatif
permainan di indonesia dengan cara mempuat produk game. Yang saya akan buat adalah permainan
platform android dan ios. Basis produk game yang akan saya buat mempunyai genre
yang bermacam macam, contohnya adalah Advanture , indie puzzle , educational
dll. Alasan saya memilih untuk memilih dibidang kreatif permainan Karena
sekarang adalah zamannya digital , dimana setiap orang rata rata mempunyai
smartphone dan bermain game di smartphone.
Yang akan saya lakukan adalah meminta kerja sama kepada teman
teman saya yang memiliki pengetahuan cukup dibidang kreatif permainan. Tempat
yang akan saya gunakan untuk memulai membuat game yaitu Rumah saya sendiri ,
Karena saya mempunyai komputer dan laptop yang memadai. Untuk harga produknya
kita gratis dan bisa di download oleh semua pengguna smartphone android
maupun ios di Indonesia maupun di luar Indonesia. Kami mengambil keuntungan
dari iklan yang sudah di jasakan oleh android maupun ios. Cara kami
mempromosikan produk kami dengan cara mengiklankan produk kami di layanan iklan
google maupun apple untuk permainan dan juga saya akan mencari publisher lain
untuk kerjasamanya saling memasarkan produknya satu sama lain.
4P
1.
Product
Product dengan basis game adventure ,
indie puzzle educational dll
2.
Place
Rumah saya sendiri
3.
Price
Free
dengan pemasukan dari iklan
4.
Promotion
Mengiklankan produk kami di layanan
iklan google maupun apple untuk permainan dan juga saya akan mencari publisher
lain untuk kerjasamanya saling memasarkan produknya satu sama lain.
Target pasar
Hal terpenting yang perlu dilakukan saat menentukan target pasar adalah
membuat segmentasi pasar. Dalam pengertian sederhana, segmentasi pasar dapat
diartikan sebagai pengelompokkan tertentu pelanggan potensial Anda berdasarkan
kemiripan tertentu. Cara praktis menentukan target pasar adalah dengan memilih
segmentasi pasar yang tepat. Berikut ini adalah langkah praktis yang bisa Anda
lakukan untuk menentukan target pasar:Pilih Lokasi yang Menjadi Target Pasar
Pertama adalah tentang geografis. Tentukanlah lokasi mana saja yang dijangkau oleh bisnis Anda. Ada banyak cara untuk menentukan lokasi yang akan menjadi target pasar. Misalnya berdasarkan kota, kabupaten, provinsi, atau bisa juga berdasarkan radius. Jangan mendefinisikan target lokasi terlalu umum atau luas. Kesalahan ini biasanya terjadi pada toko online yang hanya menyebutkan “Seluruh Indonesia” sebagai target pasarnya. Pemilihan lokasi target pasar tidak sama dengan lokasi mana yang dijangkau oleh kurir pengiriman barang Anda. Jika toko online Anda memang melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia, minimal buatlah prioritas lokasi yang Anda bidik. Membuat prioritas lokasi akan memudahkan Anda dalam membuat strategi pemasaran produk.Tentukan Karakteristik Demografi Pelanggan
Setelah faktor geografi selanjutnya adalah demografi. Kelompokan pelanggan potensial Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, agama, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan faktor demografi lainnya. Anda tidak perlu menggunakan semua contoh di atas, yang penting sudah mendefiniskan siapa pelanggan potensial Anda.Cari Tahu Bagaimana Psikologis Pelanggan
Segmentasi pasar berdasarkan faktor psikologis atau psikografis ini adalah segmentasi yang paling banyak ragamnya. Kepribadian, kebiasaan, sikap, dan cara pengambilan keputusan adalah beberapa faktor psikografis yang bisa menjadi segmentasi pasar tersendiri. Menargetkan anak-anak “alay” misalnya, itu adalah contoh segmentasi psikografis
Tokoh yang menginspirasi
Tokoh yang menginspirasi saya untuk terjun
ke dunia kreatif permainan adalah Shigeru
Miyamoto. Beliau menurut saya adalah “Father of Modern Gaming” dengan
gamenya yang berjudul Mario dan Donkey Kong. Beliau
adalah salah satu orang yang membuat
industry kreatif permainan menjadi popular didunia. Hasil karyanya
telaah menginspirasi banyak orang termaksud saya.
Kelompok :
Cindyta Meidiana ( 21216629 )
Dwi Fajar
Wati ( 22216182 )
Shifa Baity N ( 27216007 )
REFERENSI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar